Pidie Expo, Cara Pidie Gairahkan Ekonomi Rakyat


Sigli - Pemerintah Kabupaten Pidie punya cara tersendiri untuk mendongkrak ekonomi rakyat yang terus lesu dalam beberapa bulan terakhir.

Kegiatan pentas seni budaya yang dikemas dalam agenda Pidie Expo diyakini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama usaha kecil di daerah pengasil melinjo itu.

Ketua Penitia Maulid Akbar dan Pidie Expo, Fazli kepada wartawan, Minggu 29 Oktober 2023 mengatakan, sejumlah pedagang kecil sudah memadati lokasi pergelaran Pidie Expo di Komplek PCC Gampong Lampeudei Baroh, Kecamatan Pidie tersebut.

Sejak resmi dibuka pada 25 Oktober lalu, lokasi ini mulai tamai dikunjungi warga dari sejumlah wilayah di Kabupaten Pidie dan kabupaten tetangga, sehingga menjadi tempat perputaran ekonomi.

"Alhamdulilallah, partisipasi masyarakat cukup tinggi, semoga ekonomi kita terus bergairah," terang Fazli.

Dalam rangkaian Pidie Expo tersebut, pemerintah daerah ikut menampilkan sejumlah kesenian dan kebudayaan daerah, juga sebagai persiapan menujuk Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang akan dilaksanakan bulan depan.

Disamping itu, terang Fazli sejumlah potensi-potensi dari sejumlah sektor unggulan setiap kecamatan juga ditampilan dilokasi, mulai dari hasil pertanian, perkebunan, hingga kelautan dari daerah penghasil melinjo tersebut.

"Selain pentas seni budaya, ada juga pameran hasil pertanian dan perkebunan," ujar Fazli.

Rencananya, kegiatan Pidie Expo tersebut akan berlangsung hingga beberapa pekan kedepan.