Said Mulyadi Dilantik Jadi Bupati Pijay Selama Dua Pekan

Meureudu, nalurinews.com - Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi akhirnya dilantik menduduki jabatan bupati setempat untuk sisa jabatan 2019-2023.

Pergantian tampuk pimpinan daerah kedaulatan 'japakeh' terjadi lantaran Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas sebelumnya mengundurkan diri dari jabatan bupati karena menjadi kontestan Pemilu 2024 mendatang.

Pengangkatan Said Mulyadi sebagai Bupati Pidie Jaya sudah tertuang dalam surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri nomor : 100.2.1.3-3227 Tahun 2023.

Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki hadir melantik dan menuntun pengambilan sumpah jabatan Said Mulyadi di Aula Gedung DPRK Pidie Jaya, Senin, 18 Desember 2023.

Gubernur dalam arahannya, meminta Said Mulyadi untuk menuntaskan sisa masa jabatan pimpinan daerah hingga akhir Desember 2024 ini atau hanya tersisa dua pekan, sebagaimana perintah konstitusi.

"Walau menjabat bupati definitif selama lebih kurang dua pekan, tapi karena ini adalah perintah konstitusi, maka tetap harus dijalankan," kata Achmad.

Untuk sisa dua pekan, Achmad Marzuki juga mengingatkan Said Mulyadi agar menjalankan sistem pemerintahan secara transparan, akuntabel dan ta’at hukum dan terus aktif mendorong penegakan disiplin ASN dan tata Kelola pemerintahan. 

“Laporan untuk semua kegiatan yang berjalan juga harus disiapkan, agar tidak ada beban tersisa saat saudara mengakhiri masa jabatan nanti," pintanya.