Dilantik Jadi Pj Bupati Pidie, Samsul Azhar Dituntut Lakukan Hal Ini

Sigli, nalurinews.com -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pidie, Samsul Azhar resmi menjadi Penjabat Bupati Pidie, menggantikan Wahyudi Adisiswanto yang memasuki masa pansiun.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah sebagai penjabat digelar di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis (18/7/2024) oleh Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah.

Selain Samsul Azhar, Pj Gubernur Aceh perpanjangan tangan Presiden RI, Joko Widodo juga melantik Jata sebagai Pj. Bupati Gayo Lues, dan Andri Nourman sebagai Pj. Wali Kota Sabang.

Dalam sambutannya, Bustami meminta para penjabat segera berbenah dan terus melakukan komunikasi dengan para pihak demi pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Pejabat yang dilantik juga diminta menjalankan sistem pemerintahan secara transparan, akuntabel serta taat hukum.

"Jangan lupa untuk membenahi semua sistem administrasi agar tertata dan terkelola dengan baik,” ujar Bustami.

Ia juga minta Samsul untuk memprioritaskan pelaksaan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Pidie berjalan sesuai jadwal dan tahapan yang telah ditentukan.

Penurunan kasus stunting didaerah juga harus menjadi perhatian seriuas kedepannya, kasus stunting menurut Bustami dapat mempengaruhi kualitas sumber manusia dimasa mendatang.

"Upayakan APBK dapat dijalankan tepat waktu, sehingga gerak pembangunan dapat dimulai lebih awal dan kasus stunting juga harus jadi perhatian serius," timpanya.
 
Pj Gubernur Aceh juga menyenggol soal agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) XII Aceh-Sumut, Aceh perlu, sambung Bustami perlu terus membenah dalam mempersiapkan segara keperluan untuk perhelatan olahraga bergengsi tersebut.

"Terutama untuk kabupaten/ kota yang menjadi penyelenggara, pelaksanaan PON XII sudah sangat dekat waktunya," sambung Bustami.

Soal inflasi juga menjadi penekanan pj gubernur kepada Pj Bupati Pidie, Bustami juga memberi solusi agar pendistribusian pangan menjadi perhatian daerah, tujuannya agar inflasi tetap stabil.

Agenda pemilihan kepala daerah (Pilkada) juga harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah daerah, pemerintah perlu mendorong agar proses tahapan Pilkada 2024 di wilayah berjalan lancar.

"Penjabat perlu mendorong Pilkada berjalan jujur, adil, aman, damai dan demokratis, sehingga masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya," sambung Bustami.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Aceh juga berterima kasih mantan Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto yang telah memberikan sumbangsih pikiran dan tenaga untuk pembangunan dan kestabilan masyarakat di Pidie.

Setelah pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan penjabat bupati Pidie, prosesi dilanjutkan pelantikan penjabat Ketua Tim Penggerak PKK, Pembinan Posyandu, Bunda PAUD Kabupaten Pidie oleh Pj Ketua TP PKK Aceh Mellani Subarni.[]