Disparpora Pidie Siapkan Kelompok Sadar Wisata

Sigli, nalurinews.com -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pidie terus berupaya menghidupkan perwarisataan di daerah penghasil melinjo tersebut.

Disparpora Pidie bahkan ikut mengandeng vertical rescue, search and rescue (SAR) dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk rencana membentuk pemuda sadar wisata, sekaligus pengenalan tentang tehnik penyelamatan.

Kepala Disparpora Kabupaten Pidie, Edi Saputra, Rabu 24 Juli 2024 mengatakan, dalam dunia pariwisata, rescue (penyelamatan) merupakan salah satu bidang yang paling diperlukan dan harus dibenahi.

Apalagi, tampat-tempat yang dijadikan lokasi wisata bersentuhan langsunh dengan alam, mulai dari wisata laut, sungai, pergunungan dan sejumlah lokasi lain yang berada disekitar kita.

"Kesadaran rescue ini kadang jarang diperhatikan, padahal pariwisata kita mulai berkembang," kata Edi kepada peserta pelatihan dasar rescue komplek Diklat Sigli.

Ia berharap, pelatihan dasar-dasar rescue kepada pemuda tersebut akan membentuk kelompok pemuda sadar wisata dan akan memberikan edukasi secara terus menerus kepada masyarakat tantang wisata dan keamanan wisatawan.

Ada sejumlah agenda Disparpora Pidie untuk mendongkrak perpariwisataan, selain membentuk kader pemuda sadar wisata, pihaknya juga berkeinginan membuat perlombaan desa pariwisata terbaik se-Kabupaten Pidie.

"Pidie menyimpan banyak objek pariwisata, hanya butuh sedikit sentuhan agar dilirik wisatawan dan kedepan akan dorong itu," terang Edi.