Forkopimda Pidie Tinjau Venue PON, Pj Bupati : Progres Memuaskan

Sigli, nalurinews.com -- Forum komunikasi pemerintah daerah (Forkopimda) Kabupaten Pidie terus memastikan kesiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut didaerah tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kesibukannya, Pj Bupati Pidie, Samsul Azhar bersama Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf. Abd, Jamal Husin, Kapolres Pidie, AKBP Jaka Mulyana dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pidie diwakili Kasi Datun, Wahidin, Selasa 23 Juli 2024 menyempatkan meninjau sejumlah fasilitas PON yang sedang dikerjaan di Pidie.

Diantaranya, venue sepatu roda dikawasan Pantai Pelangi, Kecamatan Sigli. Lokasi ini sedang dikerjaan membangunkan ruang ganti, pagar dan sedang persiapan pengaspalan lintas trek sepatu roda.

Setelah dari Pantai Pelangi, rombongan bertolak ke Komplek Pidie Convention Center (PCC), Gampong Lampaudeui Baroh, Pidie untuk melihat progres pembangunan venue kempo dan beberapa fasilitas penunjang dilokasi.

Pengerjaan venue kempo merupakan kegiatan lanjutan, gedung tersebut sudah dikerjakan tahun 2022 lalu, sisanya dilanjutkan tahun ini dan akan menjadi tempat pertandingan cabang olahraga kempo pada PON 2024.

Lapangan bola kaki dikomplek pelajar Tijue, Kecamatan Pidie juga menjadi salah satu lokasi yang ditinjau. Akan menjadi tempat latihan atlit, pelaksana terlihat telah menyelesaikan pagar yang melingkarj lapangna dan sedang menyelesaikan ruang ganti dan MCK.

Sama halnya lapangan bola kaki di Gampong Lueng Masjid, Kecamatan Peukan Baro juga sempat dikunjungi anggota Forkopimda Kabupaten Pidie sebagai komitmen suksesi PON Aceh-Sumut. Dilokasi ini, rekanan juga sudah menyelesaikan pembangunan pagar dan sedang merampungkan ruang ganti sekaligus ruang MCK.

Rombongan kemudian meninjau lapangan bola kaki Gampong Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli dan merupakan venue PON untuk satu grup cabang olahraga bola kaki.

Ada sejumlah pekerjaan di Lapangan Bola Kaki Blang Paseh, antara lain pegantian lapisan lapangan, rumput, penyelesiaan tribun, ruang ganti atau MCK, pembangunan pagar dan pembangunan fasilitas penerangan.

Pj Bupati Pidie, Samsul Azhar, Selasa 23 Juli 2024 mengatakan, secara keseluruhan progres pengerjaan fasilitas PON di Kabupaten Pidie memuaskan. Pihaknya yakin, fasilits-fasilitas tersebut akan diselesaikan sebulan sebelum pelaksaan.

Dalam kesempatan itu, Samsul berharap kepada pengembang untuk menambah jumlah pekerja dan waktu pengerjaan (lembur) untuk memacu progres pengerjaan. Sehingga hingga batas waktu yang diharapkan tidak keteteran.

“Secara keseluruhan memusakan, baik lapangan venue bola kaki, sepatu roda dan juga venue kempo, kami sudah meminta para rekanan untuk menambah jumlah pekerja dan waktu kerjanya ditambah,” sambung Samsul.

Secara fasilitas, Kabupaten Pidie memiliki fasilitas yang bisa digunakan dalam kondisi mendesak untuk pelaksanaan PON, terlebih kabupaten penghasil emping melinjo tersebut sukses melaksaan Pekan Olahrahga Aceh (PORA) 2022 lalu.[]