Ini Beberapa Lokasi Wisata Air Terjun di Pidie Yang Mesti Anda Kunjungi

Sigli, nalurinews.com -- Selalu ada hal menarik yang bisa dilirik dan dinikmati ketika anda berada di Kabupaten Pidie atau daerah yang dikenal dengan kabupaten penghasil emping melinjo terbaik.

Selain wisata kuliner dan wisata laut, di Kabupaten Pidie anda juga bisa menemukan wisata air terjun indah yang dipadukan dengan kondisi hutan yang masih asri.

1. Air terjun Alue Putek

Lokasi air terjun ini berada dikawasan Dusun Geunie, Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie atau hanya sekitar belasan kilometer dari jalan nasional Banda Aceh-Medan.

Dikokasi ini, sekian bisa merasakan percikan air jatuh dari ketinggian, anda juga bisa mendengan kicauan burung-burung yang hinggap di ranting pohon nan hijau di lokasi.

2. Teuraceu Palòeng

'Teuraceu' sendiri merupakan bahasa Aceh yang berarti air terjun, sementara 'Palong' juga bahasa Aceh dengan arti wadah yang dalam.

Lokasi air terjun ini juga bisa di jumpai di Gampong Lhoek Keutapang, Kecamatan Tangse.

Untuk mencapai lokasi ini, anda hanya butuh waktu tiga jam dengan berjalan kaki. Perjalanan anda dijamin tidak akan membosankan, karena akan ditemani pepohonan nan rindang dan melewati rungai-sungai kecil dengan air yang jernih.

Bonusnya, anda bisa menjumpai beberapa beberapa air terjun lain disekitar lokasi, antara lain Teuraceu Angen, Teuraceu Toungoe, dan tentunya  Teuraceu Palong.

3. Teuraceu Krueng Rhoep

Lokasi wisata air terjun ini juga berada di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie atau tepatnya di Gampong Beungga. 

Tempat wisata ini sangat mudah dijangkau atau masih bisa diakses menggunakan sepeda motor dengan menempuh perjalanan beberapa menit.
  
4. Teuraceu Sikurèng

Di Gampong Beungga, pelancong juga bisa menikmati air terjun 'sikureung'. Sikureung juga bahasa Aceh yang berarti bilangan sembilan.

Seperti namanya, air terjun tersebut memiliki sembilan undukan atau sembilan tingkat. Anda bisa mandi di lokasi tersebut atau hanya sekedar melengkapi koleksi foto menarik tentang keindahan ciptaan tuhan.

5.Teuraceu Alue Jòk 

Destinasi wisata alam tentu menjadi pilihan menarik untuk mengisi liburan akhir pekan. Jika Anda pecinta alam, Air Terjun Lhok Jok Kecamatan Manee Pidie bisa jadi pilihan Anda menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman.

Lokasinya berjarak sekitar 78 kilometer arah selatan Kota Sigli dengan waktu tempuh sekitar dua jam, melewati Pegunungan Tangse dengan jalan yang berliku dan udara sejuk serta pemandangan yang memanjakan mata. Anda akan menjumpai aneka warung kuliner sepanjang jalan.[]