Sudah Dua Rumah Ludes Terbakar di Tangse, Petugas Pemadam Justru Menghilang

Sigli, nalurinews.com -- Satu persatu rumah warga di dataran tinggi Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie dilahap si jago merah sejak dua hari terakhir.

Kamis, 18 Juli 2024 sekira pukul 09.00 wib, rumah Aisyah Hamzah (71) di Gampong Blang Malo, Kecamatan Tangse berubah menjadi arang dan rata dengan tanah, kini wanita renta tersebut kehilangan tempat tinggal.

Hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, kebakaran kembali terjadi di wilayah tersebut, rumah panggung milik Nurdin (62) di Gampong Keude Tengse juga ludes terbakar. Tidak ada satu  benda mampu diselamatkan dari amukan di jago merah.
 
"Semua ludes semua, termasuk satu unit sepeda motor, padi hingga beras," kata M. Munazir, Sekretaris Gampong Keude, Kecamatan Tangse.

Yang membuat masyarakat miris, terang Munazir fasilitas pemadam untuk tanggap bencana yang ditempatkan di kawasan Keude Tangse tidak berfungsi.

Warga hanya mendapati armada pemadam kebakaran terparkir di lokasi, tanpa terlihat petugas pemadam satu orang pun di lokasi.

"Setelah dicari-cari tidak ada petugas, akhirnya warga langsung sopiri sendir mobil itu, agar bisa membantu memadamkan api," ujar Munazir.

Ternyata bukan kali ini saja kondisi itu terjadi, musibah kebakaran yang menghanguskan kediaman Aisyah di Blang Malo kemarin juga tidak ada pemadam kebakaran.

"Kemaren juga tidak beroperasi armada itu, kami tidak tau kenapa," terang Munazir.

Pihaknya berharap, kondisi tersebut mendapat perhatian khusus oleh pemrintan, membenagi lembaga yang menangangi tanggap bencana.[]