Dispersip Pidie Dorong Acara Panjat Pinang Pada Perayaan Hari Kemerdekaan Diubah Jadi Lomba Literasi

Sigli, nalurinews.com -- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Pidie, Turno Junaidi mendorong perlombaan literasi menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada perayaan hari kemerdekaan RI di daerah tersebut.

Menurut Turno, literasi memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa dengan terus menghidupkan mudaya literasi di tengah kecenderungan masyarakat pada hal-hal negatif lain.

Dengan budaya literasi, sambungya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif, juga akan lebih mudah untuk belajar dalam mengembangkan diri.

Kemampuan literasi condroeng dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa. Individu yang memiliki budaya literasi akan lebih produktif dalam bekerja serta lebih kompetitif dalam persaingan global.

"Intinya, dengan budaya literasi ini aka mempu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Budaya literasi dapat membantu kita untuk saling memahami dan menghormati perbedaan," ujar Turno.

Banyak ragam yang bisa dilaksanakan para pihak untuk tumbuh kembang buda literasi dilingkungan masyarakat, salah satunya dengan memperbanyak kegiatan perlombaan berkaitan dengan literasi, antara lain calistung (baca, tulis dan berhitung), lomba pidato, lomba bercerita, lomba membaca puisi dan perlombaan lainnya.

Penyataan itu disampaikan Turno disela-sela kegiatan pembukaan lomba hitung cepat yang dibuka Ketua Tim Penggerak (TP) - Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Ketua DWP Kabupaten Pidie, Saptati Renganis Samsul Azhar di Kantor Dispersip Pidie.

Lomba literasi tersebut dilaksananakan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024.

"Coba sesekali diganti, lomba panjat pinang saat 17 Agustus dengan kegiatan lomba literasi," terang Turno.[]