KIP Pidie Pleno DPS, Ini Kecamatan Dengan Pemilih Terbanyak

Sigli, nalurinews.com -- Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie menjadi kawasan dengan jumlah pemilih terbanyak pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang, disusul Kecamatan Mutiara Timur.

Data tersebut terungkap dari daftar pemilih sementara (DPS) yang dipleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie, Sabtu, 10 Agustus 2024 di oprom sekretariat daerah setempat.

Ketua Devisi Perencanaan Data dan Informasi, KIP Kabupaten Pidie, Sufyan mengatakan, jumlah pemilih terbanyak berada di Kecamatan Pidie, yakni mencapai 32.686 pemilih dan akan menggunakan hak pilih pada 80 TPS di kecamatan tersebut.

Jumlah pemilih terbanyak berikutnya berada di Kecamatan Mutiara Timur dengan 25.508 pemilih dari 48 desa di kecamatan tersebut. Selanjutnya Tangse, Padang Tiji, Simpang Tiga dan Sakti diurutan tujuh dengan pemilih terbanyak.

"Secara keseluruhan DPS, jumlah pemilih di Pidie mencapai 313.443, sudah termasuk pemilih di Lapas Perempuan, Lapas Sakti dan Rutan Kelas IIB Sigli," terang Sufyan.

Ia menambahkan, pleno penetapan DPS tersebut juga tindaklanjut dari pelaksanaan coklit dan hasil pleno Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan  Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Pidie.

"Setelah DPS ini ditetapkan, masyarakat diberi ruang memberikan masukan dan akan dilakukan perbaikan nantinya," ujar Sufyan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kesbangpol, Muhammad Iqbal, kepolisian panitia pengawas pemilihan (Panwaslih), perwakilan PPK dari 23 kecamatan di Pidie.[]