Pilkada Pidie Jaya Akhirnya Punya Dua Bacalon Kapala Daerah

Meureudu, nalurinews.com -- Sempat diprediksi hanya memiliki satu kontestan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 di Kabupaten Pidie Jaya, sosok lain kini muncul mengisi daftar bakal calon (bacalon) kepala daerah setempat.

Mereka adalah Sibral Malasyi yang merupakan ketua Partai Adil Sejahtera (PAS) dan Hasan Basri selaku ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pidie Jaya.

Sekretaris PAS Pidie Jaya, Tgk Juli Andika dikonfirmasi wartawan, Rabu, 28 Agustus 2024, memastikan pencalonan keduanya (Sibral Malasyi-Hasan Basri) pada pemilihan kepala daerah di Kabupaten Pidie Jaya.

Sebagai syarat pencaloanan, pasangan Sibral-Hasan diusung PAN, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PAS, serta mendapat dukungan dari sejumlah partai lain, seperti Partai Sira, Partai Gabthat dan Partai PNA.

"Untuk syaratnya sudah lengkap, diusung tiga partai PAN, PKB dan PAS atau sekitar enam kursi," kata Tgk Juli.

Karena sudah memenuhi syarat, sesuai tahapan pilkada, pasangan Sibral-Hasan akan menyambangi Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya untuk mendaftarkan pasangan tersebut sebagai peserta pilkada 2024.

Pendaftaran pasangan calon akan dilaksanakan Kamis, 29 Agustus 2024 dan diprediksi akan arak tim dan ratusan simpatisan dari sejumlah wilayah di daerah tersebut.

"Pendatarnya dijadwalkan besok, perkirakan akan diantar 500 lebih massa," ujar Tgk Juli.

Sebelumnya, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi dan Saiful Anwar yang diusuang Partai Aceh (PA) sudah mendaftar ke KIP pada hari pertama dibukanya pendaftaran calon.

Munculnya Sibral-Hasan, setidaknya menambah daftar bacalon dari yang diprediksi satu calo, juga tentunya akan memeriahkan pesta demokrasi pilkada di Pidie Jaya.[]