Serius, Pemkab Pidie Utus Sepuluh Petani Muda Belajar Bawang Merah ke Brebes

Mengamati hasil panen yang akan dipilah menjadi benih baru, Brebes, Kamis 1 Agustus 2024.
Brebes, nalurinews.com
 -- Sepuluh petani melenial asal Kabupaten Pidie terbang dan berada di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah sejak beberapa hari lalu.

Diketahui Kabupaten Brebes dikenal dengan predikat daerah penghasil bawang merah terbesar di Indonesia. 

Selain menjual utuh hasil panen bawang merah, Brebes juga memili industri pengolahan bawang merah menjadi bawang goreng, juga usaha pembenihan baru.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie, Hasballah melalui Kabid TPH, Zulfikar S.Pt, Rabu, 1 Agustus 2024 mengatakan, sepuluh petani muda Pidie akan berada di Brebes selama dua bulan kedepan.

Selama di Brebes, sambung Zulfikar para petani muda tersebut dituntut menyerap bayak hal yang digeluti petani di Brebes dalam proses budidaya bawang merah.

"Brebes salah kabupaten penghasil bawang merah terbesar di Indonesia, kami ingin petani muda ini mengadopsi sistem pertanian di sana untuk ditetapkan di Pidie," ujar Zulfikar.

Selama enam puluh hari, para petani akan berbaur dengan masyarakat tani di daeran ter, mulai dari penyiapan lahan, penanaman, pemupukan, perawatan, pemanenan, pengolahan hasil panen hingga penyiapan benih baru.

Kerjasama dengan kelompok masyarakat tani Brebes, para peserta akan mendapatkan fasilitas transportasi, pemateri dan lahan untuk praktek yang bisa digunakan untuk pengujian harapan budidaya bawang merah.

"Untuk uang saku, makan dan biaya sewa rumah selama dua bukan disana kita yang tanggung, mereka (Brebes) akan memberikan pendampingan," ujar Zulfikar.

Tujuan jangka panjang dari memberangkatkan petani melenial tersebut, sambung Zulfikar diharapkan Pidie akan mampu melakukan penanganan hasil panen dan mampu  menghasilkan benih bawang merah, tentunya akan menjadikan salah satu daerah daerah sentral bawang merah.

"Selama ini, benih bawang merah selalu didatangkan dari Brebes. Ke depan berharap benih bawang itu, kita produksi sendiri," ujarnya.[]