Berani, ini Hadapan Publik Pidie Yang Bakal Diwujudkan Sarjani-Alzaizi

Sigli, nalurinews.com -- Empat calon bupati dan wakil bupati Pidie telah menyampaikan visi, misi dan program kerja kepada Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat, sebagai bagian dari tahapan pelaksaan Pilkada 2024.

Sarjani Abdullah sandiri mendapat kesempatan kedua menyampaikan visi, misi dan program dalam sidang paripurna tersebut, mengikuti nomor urut pasangan calon. Ia ikut didampingi Alzaizi calon wakil bupati Pidie.

Dalam paparannya, Sarjani-Alzaizi mengusung visi "terwujudnya masyarakat Pidie yang Islami, Adil, Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan."

Adil diartikan, terciptanya kondisi
masyarakat Pidie yang menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, menghargai perbedaan, kesetaraan, menenguhkan solidaritas dan semangat bergotong-royong (meuseraya).

Kemudian Maju dimaksudkan terciptanya kondisi masyarakat Pidie yang berubah secara bertahap dengan cerminan daya saing tangguh, inovatif dan memiliki keunggulan di segala bidang dan berperadaban.

Sementara Sejahtera dimaksud Sarjani, terciptanya masyarakat Pidie yang makmur dan berkecukupan yang ditandai dengan menguatnya sendi-sendi perekonomian masyarakat yang berbasis potensi sumber daya unggulan.

Sebagai mantan bupati Pidie, ia juga juga merancang misi berkelanjutan, visi berkelanjutan dimaksud Sarjani, yakni terciptanya masyarakat Pidie yang memiliki kemampuan mengelola potensi daerah, dengan tetap mempertimbangkan aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial secara seimbang
dan berkesinambungan.

Dalam susunan visi dan misi, Sarjani-Alzaizi juga tergolong berani menempatkan program pembangunan yang berasal dari harapan publik. 

Program-program itu antara lain :
- Bakal melanjutkan pembangunan Masjid Al-Falah Sigli.
- Akan melaksanakan hari-hari besar islam dengan semarak.
- Akan menerapkan kembali program hafalan 'satu hari satu ayat', baca tulis Al-Quran (BTQ).
- Akan mendirikan sekolah tinggi ilmu Al-Quran dan perpaduan pendidikan umum.
- Bakal memberdayakan ekonomi melalui keterlibatan BUMG.
- Menjaga ketersediaan pupuk, terutama saat musim tanam.
- Bakal memperjuangkan berkelanjutan pembangunan Waduk Tiro.
- Pemberdayaan seuneuboek seperti lembaga keujreun blang.
Memperjuangkan kelanjutan pembangunan Pabrik Semen Laweung.
- Pengutan kapasitan dan peningkayan kesejahteraan aparatur gampong (desa) dan mukim.
- Bakal mewujudkan Perguruan Tinggi (PT) Negeri di Pidie.
- Beasiswa dan bantuan pendidikan untuk anak dari keluarga kurang mampu.

Menurut Sarjani-Alzaizi, visi, misi dan program yang disusun tersebut bukan hanya untuk mendapat dukungan publik, namun pihaknya berjanjinakan menjalankan setiap janji yang telah dicantumkan dalam dokumen tersebut.

"Cita-cita ini akan kita diperjuangkan bersama agar terwujud. Janji-janji yang telah menjadi dokumen ini bakal jadi bahan evaluasi saat menjalankan pemerintahan," papar Sarjani dalam forum paripurna, Rabu, 26 September 2024 gedung DPRK Pidie.[]