Kembangkan Desa Wisata, Disparpora Pidie Ajak Partisipasi Pemuda

Sigli, nalurinews.com -- Pariwisata masih menjadi sektor paling menjanjikan dewasa ini, baik karena mampu mendongkrak keterbukaan lapangan kerja, juga berdampak pada meningkatnya pendapatan desa dan daerah.

Kabupaten Pidie sendiri menyimpan segudang sumber daya alam yang menjadi modal awal pengembangan wisata di daerah tersebut, salah satunya alam yang masih asri, sumber air yang melimpah dan kawasan pantai yang panjang.

Sadar akan potensi itu, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pidie mulai serius menggarap sektor tersebut agar memberikan dampak positif bagi masyarakat dan daerah.

Kepada Disparpora Kabupaten Pidie, Edy Saputra mengatakan, ada sejumlah desa di Kabupaten Pidie masuk dalam daftar desa atau gampong wisata di Pidie, salah satunya wisata alam pengunungan di Gampong Mane dan 

Menurut Edy, sebelum melangkah lebih jauh untuk pengembangan desa wisata, pihaknya mengaku perlu menjaring pendapat masyarakat, terutama pemuda yang akan menjadi pelaku wisata nantinya.

"Kita sudah duduk dengan pemuda dan nanti kami juga akan berdiskusi dengan masyarakat dan perangkat gampong juga untuk menjaring masukan-masukan menuju desa wisata," terang Edy, Senin, 16 September 2024.

Dari diskusi dengan pemuda Gampong Mane, masyarakat berharap diberikan pelatihan rutin untuk mengasah kemampuan pengelolaan kepariwisataan, terutama pelatihan soft skill dan pemahaman lain tentang wisata.

Sebab wisatawan tidak hanya melirik keindahan yang disajikan alam, menurut Edy, kearifan lokal juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan biasanya menjadi nilai tambah dalam sektor pariwisata.

"Desa wisata adalah peluang ekonomi kreatif masyarakat dewasa ini dan bakal membuka banyak lapangan kerja, kami berharap dukungan masyarakat untuk mewujudkannya," ujar Edy.[]