Distanpan Pidie Dorong Pemuda Urus Sektor Pertanian

Sigli, nalurinews.com -- Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Pidie menganggap kehadiran pemuda pada sektor pertanian bakal memberi dampak bersar pada kemajuan pertanian di daerah tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Distanpan Pidie, Hasballah disela-sela Gerakan Penanaman Jagung MT rendengan dan pengendalian OPT tanaman jagung tahun 2024 di Gampong Krueng Seukuek Kecamatan Tangse, Senin, 14 Oktober 2024.

Menurutnya, ada empat hal yang harus diperhatikan untuk memajukan sektor pertanian, yaitu peran aktif pemuda, keberadaan kelembagaan seperti kelompok tani, kepala desa dan pendampingan penyuluh.

"Pemuda punya semangat yang tinggi menggarap sektor yang ditekuninya, mereka juga bisa melahirkan pemikiran batu dan mampu berinovasi pada sektor pertanian tersebut," terang Hasballah.

Sementara Pj Bupati Pidie, Samsul Azhar meminta distanpan untuk terus meningkatkan produksi hasil pertanian, untuk itu iapun mengizinkan pertanian memperluas area lahan serta menambah alat-alat pertanian yang tepat guna.

Samsul meyakini, komuditi dari sektor pertanian Pidie mampu mencukupi kebutuhan di daerah dan bahkan membantu ketersediaan barang di tingkat regianal.

"Produksi yang melimpah selain menguntungkan petani, juga akan mampu mengendalikan inflasi di daerah," timpa Samsul.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Pidie juga menyerahkan sejumlah bantuan pestisida, paket mesin pompa air untuk untuk kelompok tani di Gampong krueng Seukue, Tangse, serta beberapa paket bola kaki.[]